Rabu, 02 Januari 2008

MACAM-MACAM BROWSER

Browser merupakan suatu software/program yang dikhususkan untuk dapat mengakses dan melihat isi dari sebuah website yang diakses di internet. Macam-macam browser yang cukup populer adalah Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, dan Opera. Berikut uraiannya.
  • Microsoft Internet Explorer (IE)

Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft. Internet Explorer hingga kini masih merupakan browser web yang paling banyak digunakan, meliputi 93.7% dari keseluruhan penggunaan browser menurut sebuah perusahaan penganalisa web WebSideStory.


Boleh dikata, Internet Explorer (IE) dari Microsoft merupakan web browser paling tua sekaligus yang terbaik dari yang ada pada 5 tahun silam .Opsi browser ini sudah terintegrasi pada sistem Windows yang dipasang. Bahkan untuk penyempurnaannya, Internet Expoler sudah sampai pada versi IE 7.

Kelemahan utama IE adalah pada masalah security. Di bawah pengawasan media yang ketat karena besarnya jumlah penggunanya, eksploitasi terhadap "lubang" keamanan Internet Explorer telah mengakibatkan IE mendapatkan reputasi sebagai browser utama (ini termasuk Safari, Mozilla Firefox, Mozilla and Netscape, Opera, dan Konqueror) yang paling tidak aman. Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa didownload secara otomatis dan dipasang untuk meng-update browsernya. Dari segi stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela.

  • Mozilla Firefox

Firefox dari Mozilla Corporation adalah freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE. Ia mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Firefox memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Mesin pencari terkenal seperti Google juga telah “dibundel” oleh Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer, sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu, pengaturan toolbar, tombol, dan ukuran browser dengan mudah dapat dilakukan. Browser juga dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi. Selain cepat, fitur keamanan Firefox lebih andal dibandingkan IE. Setting browser internet pun bisa diatur dengan lebih leluasa.

Arsitektur terbuka Firefox memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan browser. Pengguna dapat mengustomisasi Firefox secara spesifik. Seperti membuka e-mail saat browser diaktifkan dan memblok seluruh iklan pop up.

  • Opera

Instalasi dan download Opera terbilang mudah. Banyak kalangan telah mengakui kelebihannya. Walaupun kemampuannya boleh dibilang sudah bagus, namun web browser ini terus dikembangkan.

Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, sesson management dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit "nakal" karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

Kelebihan utama browser Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain. Kelebihan lain browser Opera adalah terdapat tabs yang memungkinkan beberapa situs terbuka bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Opera juga menyertakan penyaring pop up untuk menangkal iklan pop up yang menjengkelkan. Fitur lain, seperti mesin pencari Google yang sudah built-in dan penghitung waktu yang diperlukan hingga halaman web membuka sempurna.

Dari sekian banyak browser, ada beberapa kemiripan fungsi dan fasilitas yang diberikan. Diantaranya adalah :

  • Umumnya tiap browser menyediakan fasilitas “Address” yang berfungsi untuk mengetikkan alamat situs yang akan kita akses.

  • Umumnya mempunyai tombol-tombol : “Back” / “Previous” berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya, “Forward” / “Next” berfungsi untuk maju ke ke halaman berikut yang sudah pernah diakses sebelumnya, “Refresh” / “Reload” berfungsi untuk mencoba ulang akses ke salah satu websit yang kita tuju, tombol “Stop” berfungsi untuk memberhentikan proses “loading” ketika membuka sebuah website.

Oleh: LAKSMI SWASTIKA WARDHANI

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com

http://e-smartschool.com

http://id.wikipedia.org


2 komentar:

cak huda mengatakan...

thanks buanget ya....atas infonya.....

veronica mengatakan...

thx jg info'y...
lmyn bwt tgz komp...